• Skill Produksi Perfect World

    Skill Produksi Perfect World

    Pengen membuat equipment dewa? Pengen mencantumkan nama kamu di bawah item-item mold atau HH level tinggi? Pengen membuat equipment bintang 3 dengan opsi keren yang membuat orang berdecak kagum? Pengen irit dalam hunting dengan menggunakan obat buatan sendiri? Pengen iseng-iseng cari uang untuk jajan atau tabungan masa depan? Pengen ngga? Kalo pengen, berarti jawabannya hanya satu yaitu naikin skill produksi. Terus caranya gimana? Tentu saja dengan menyelesaikan quest-quest yang terkait dan latihan membuat item-item untuk menaikkan level skill produksi ke tingkat berikutnya lagi. Sekilas mengenai skill produksi, ini adalah salah satu fitur yang ada di dalam game Perfect World. Para pemain bisa membuat sendiri equipment mereka dengan menggunakan bahan yang bisa didapat dari menambang, drop musuh ataupun membeli dari Item Mall. Khusus untuk obat-obatan, kamu bisa membuat berbagai macam obat sendiri untuk berbagai keperluan, dari hunting sampai dengan TW sekalipun dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia dimana-mana. Keuntungannya? Ada kemungkinan equipment yang dibuat memiliki opsi-opsi keren dan berbintang-bintang yang notabene membuat equipment itu lebih kuat dari equipment yang dijual di npc. Kerugiannya? Tentu saja produksi equipment-equipment ini memakan waktu dan mahal, jadi bila secara finansial kamu masih belum sanggup, jangan main-main di skill produksi dulu. Tentu saja equipment yang ingin dibuat harus melihat lokasi juga. Npc di kota-kota awal (Pedang, Siluman, Peri) tentu hanya bisa membuat equipment sampai level tertentu saja, sementara untuk equipment yang lebih tinggi lagi harus di kota-kota besar seperti Kota Naga ataupun Pelabuhan Harapan. Nah, bila emang kamu sudah siap dan mau membuang-buang uang untuk menaikkan skill produksi, berikut ini merupakan quest-quest yang harus kamu selesaikan.

    Level 5

    Temui sesepuh di kota masing-masing ras untuk mengambil quest mempelajari skill produksi Nantinya kamu akan disuruh untuk menemui 4 npc yaitu:

    - NPC Penempa untuk belajar skill forging

    - NPC Penjahit untuk belajar skill tailoring

    - NPC Pengrajin untuk belajar skill crafting

    - NPC Ahli Obat untuk belajar skill pharmacy

    Dari keempat NPC tersebut kamu akan diminta untuk mengumpulkan bahan-bahan tambang yang terdapat di sekitar kota awal tersebut. Pig Iron, Sandstone, Log, dan Emmanogue Herb merupakan keempat bahan yang harus dikumpulkan. Jangan lupa membeli shovel di pedagang terdekat. Setelah memberikan bahan-bahan yang diperlukan ke NPC yang bersangkutan, kamu akan mendapatkan buku-buku untuk belajar skill produksi. Bawa buku-buku tersebut ke sesepuh untuk mendapatkan skill produksi. Selamat, kamu sudah bisa mulai membuat equipment mu sendiri. Harap diingat, untuk saat ini kamu hanya bisa menaikkan skill produksi kamu sampai level 3 saja. Untuk menaikkan skill produksi tertentu, berlatihlah terus sampai exp skill tersebut mencapai 100% (bisa juga dilihat di bagian window skill [R], bila disana tertulis 5/10 berarti kamu masih perlu berlatih 5x lagi untuk mencapai 100%). Setelah exp nya mencapai 100%, temui sesepuh di kota mana pun untuk menaikkan level skill tersebut, tentunya dengan mengorbankan sedikit sp dan gold.

    Level 50 Pada saat kamu mencapai level 50, kamu akan mendapatkan pengumuman mengenai menaikkan tingkat skill produksi kamu ke level 4. Setelah itu, kamu akan disuruh untuk menemui empat NPC lagi di dalam Kota Naga. Masing-masing NPC akan meminta beberapa equipment bintang 2 (baca: bintang 2). Equipment yang diminta:

    NPC Penempa:

    - Sawtooth Dual Blade

    - Purple Vulture Bow

    - Warding Talisman Flag

    NPC Penjahit:

    - Wraith Robe

    - Flowing-Light Greaves

    - Blood-Staunching Sleeves

    NPC Pengrajin:

    - Dragon Scale Necklace

    - Billow Pendant

    - Illusory Sky Ring

    NPC Ahli Obat:

    Kamu akan diminta untuk mencari NPC di luar Pelabuhan Harapan untuk langsung membeli buku skill pharmacy ke level 4.

    Setelah mendapatkan buku-bukunya, kamu bisa menaikkan level skill produksi kamu ke level 4 di sesepuh mana pun. Untuk saat ini, kamu hanya bisa menaikkan skill produksi kamu sampai dengan level 5.

    Level 80 Sama seperti pada level 50, di level 80 kamu akan mendapatkan quest untuk menaikkan skill produksi kamu ke level 6. Pada level ini, empat NPC yang harus kamu temui mulai terpisah-pisah. Ada yang berada di Desa Topeng dan ada yang berada di Desa Api. Equipment yang diminta juga semakin susah dan semakin banyak. Equipment yang diminta:

    NPC Penempa:

    Tahap 1: – Vorpal Claw – Ear-Splitting Hammer – Phoenix’s Wing Bore

    Tahap 2: – Demon-Driving Flag – An Yang Crossbow

    NPC Penjahit:

    Tahap 1: – Mysterious War Armor – Greaves of Nine Lives – Flood Shoes

    Tahap 2: – Sparkling Manteau – Gulping-Cloud Helmet

    NPC Pengrajin:

    Tahap 1: – Shining Necklace – Baldric of the Long Sojourn – Falling-Star Ring

    Tahap 2: – Void-Spirit Necklace – Sky-Breaking Ring NPC

    Ahli Obat:

    Kamu diminta untuk kembali ke NPC yang sama dari level 50 untuk membeli buku skill pharmacy level 6. Setelah mendapat bukunya, harusnya kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan sekarang.

    Untuk saat ini, kamu hanya bisa menaikkan level skill produksi sampai level 7. Sampai saat ini sepertinya PW Indonesia belum mengimplementasikan skill produksi level 8 keatas, tetapi sewaktu aku iseng-iseng mencari informasi di website pwdatabase, disana dituliskan bahwa sewaktu kamu mencapai level 99 maka kamu akan mendapatkan quest untuk menaikkan skill produksi kamu ke level 8. Meskipun belum diimplementasikan, aku akan memasukkannya disini. Bila suatu saat nanti (entah tahun depan atau tidak pernah sama sekalipun) quest ini diimplementasikan, maka kita semua tidak usah bersusah payah lagi dalam mencari informasi mengenainya bukan?

    Level 99 NPC yang harus ditemui akan berada didalam Dunia Terang dan Dunia Gelap. Equipment yang diminta:

    NPC Penempa:

    Tahap 1: – Clouded-Sky Sword – Eaglehorn Bow – Butterfly’s Dance

    Tahap 2: – 2 buah Crouching-Tiger Wheel – Diving-Phoenix Crossbow – 2 buah Sky-Lightening Spear

    NPC Penjahit:

    Tahap 1: – Kun Peng War Armor – Qi-Lin Leggings – Liang Yi Pants

    Tahap 2: – Kun Peng Shoes – 2 buah Qi-Lin Boots – 2 buah Liang Yi Sandals

    NPC Pengrajin:

    Tahap 1: – Fossil Necklace – Zui Xian Pendant – Sky-Paralleling Ring

    Tahap 2: – 2 buah Unique Ring – 2 buah Holy-Light Necklace

    NPC Ahli Obat:

    Kali ini kamu diminta untuk menemui npc yang berbeda, tetapi tetap masih berada di sekitar luar Pelabuhan Harapan. Sepertinya kamu tetap harus membeli buku skill pharmacy level 8.

    Sampai disini informasi mengenai skill level 9 masih belum diketahui.

    Sedikit tips mengenai penyelesaian quest untuk naik ke level 4 dan 6, sewaktu kamu sedang berusaha untuk berlatih di level 3 dan 5, usahakan untuk membuat barang-barang yang diperlukan quest tersebut. Bila kamu bisa mendapatkan equipment bintang 2 yang diperlukan maka kamu bisa menghemat bahan-bahan dari equipment tersebut. Nah, bila kamu sudah selesai membaca postingan ini, maka saatnya kamu berpikir ulang, apakah kamu benar-benar mau menaikkan skill produksi kamu? Kalau ya, mulailah menabung sekarang juga, karena ini bukan pekerjaan yang menyenangkan. Selamat mencoba peruntungan kamu.

0 komentar: